Muncul Malware Di Smartphone Murah, Sengaja Di Tanam Atau Mudah Terjangkiti

Muncul Malware Di Smartphone Murah, Sengaja Di Tanam Atau Mudah Terjangkiti

Ads
MejaPraktek.com | Awas berhati-hati saat kamu ingin membeli ponsel Android dengan harga super murah. Pasalnya saat ini lebih dari 100 tipe ponsel Android murah terindikasi terjangkit malware bahkan sejak pertama kali diluncurkan. Informasi ini muncul dari hasil riset perusahaan security dan antivirus Avast. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa malware yang ada pada ponsel Android murah ini bisa membuat ponsel mengunduh aplikasi jahat tanpa seizin pengguna. Aplikasi berbahaya tersebut berjenis dropper dan payload. 

Menurut pihak Avast, parahnya aplikasi ini bersifat pasif dan hanya bisa muncul oleh pengguna lewat daftar aplikasi sistem dan tidak tampak dari luar. Setidaknya ada dua dropper yang berbeda dalam smartphone murah tersebut diantaranya CrashService dan ImeMess

Muncul Malware Di Smartphone Murah, Sengaja Di Tanam Atau Mudah Terjangkiti

Malware bernama Cosiloon ini ditemukan di beberapa merek ponsel yakni ZTE, Archos, dan MyPhone. Selain mengunduh aplikasi tanpa izin, malware tersebut juga mengganggu kenyamanan karena menampilkan iklan secara tiba-tiba di ponsel pengguna. Avast pun mengklaim bahwa malware berbahaya yang ada pada ponsel Android murah ini sudah ada setidaknya tiga tahun terakhir dan pengguna akan kesulitan menghapusnya karena berada di tingkat firmware. Virus ini pun kabarnya sudah menginfeksi dan tersebar di lebih dari 90 negara di dunia. Beberapa negara yang termasuk adalah Rusia, Jerman, dan Belanda. Avast juga mengatakan malware tersebut terinstal di sebanyak lebih dari 18.000 perangkat. Google pun telah mengabarkan malware ini pada para pengembang dan Google mewajibkan setiap perangkatnya memiliki versi terbaru dari Google Play Protect.

Belum tahu siapa yang diuntungkan dari kejadian ini. Banyak spekulasi bahwa malware sengaja ditanam atau memeng smartphone murah benar benar gampang terinfeksi.

Baca juga:

Advertisement
May 28, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments