Browser ini Bakal Membayar Penggunanya Dari Melihat Iklan

Browser ini Bakal Membayar Penggunanya Dari Melihat Iklan

Advertisement
MejaPraktek.com | Browser Brave bakalan menguji platform Basic Attention Token (BAT), yang telah dirancang untuk memberi penghargaan kepada pengguna saat melihat iklan. Perusahaan yang didirikan oleh mantan CEO Mozilla, Brendan Eich, meluncurkan model tahap pertama di tahun lalu. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk secara anonim memberikan kontribusi kepada pembuat konten favorit pilihan pengguna. 

Perbedaan utama antara iklan yang dipilih sebelumnya oleh Brave dan iklan konvensional adalah bahwa Brave dipilih oleh browser berdasarkan pengamatan kebiasaan pengguna. Sedangkan iklan tradisional dibuat oleh perusahaan yang melacak aktivitas pengguna dari satu situs ke situs lain dan membangun profil dari minat.

Browser ini Bakal Membayar Penggunanya Dari Melihat Iklan

Pengguna yang memilih untuk menggunakan Brave menyebutnya "model iklan digital berbasis persetujuan" akan dibayar dalam bentuk token-token setiap kali mereka melihat atau berinteraksi dengan salah satu iklan yang telah ditentukan. Tidak jelas berapa banyak keuntungan yang akan didapatkan, tetapi posting blog dari perusahaan mengklaim bahwa pengguna akan menerima 70 persen dari pendapatan iklan kotor walaupun bukan dalam bentuk uang tunai. BAT hanya bisa digunakan untuk disumbangkan ke pembuat konten favorit pengguna, meskipun Brave mengatakan pada akhirnya pengguna juga akan dapat menggunakan token untuk membuka layanan premium, maupun konten berbayar.

Sistem peramban Brave ini sedang menguji versi browser yang menampilkan sekitar 250 iklan bagi pengguna yang mendaftar untuk akses awal dan akan berkembang secara bertahap dalam beberapa bulan mendatang. 

Mereka akan menggunakan versi khusus dari program yang akan merekam data navigasi secara detail - sesuatu yang tidak dilakukan oleh browser default. Informasi tidak akan dibagikan dengan pihak ketiga dan hanya akan berfungsi untuk melatih sistem mesin yang berfungsi untuk menampilkan iklan.

Model sistem yang ditawarkan Peramban Brave ini sepertinya memiliki minat pasar. Tahun lalu, penawaran awalnya menghasilkan $ 35 juta. Selain itu, Washington Post dan Guardian juga sudah mengikuti proposal browser. Demikian informasi seperti yang dilansir oleh engadget.com.

Baca juga:

Advertisement
June 22, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments