Tips Menggunakan Powerbank selama perjalanan Mudik

Tips Menggunakan Powerbank selama perjalanan Mudik

Advertisement
MejaPraktek.com | Konsumsi daya smartphone selama mudik sangat besar terlebih jika kita gunakan untuk kegiatan navigasi dan informasi lainnya, sehingga potensi kehabisan baterai juga cukup besar karena durasi waktu tempuh yang panjang. Terlebih lagi jika ada masalah kondisi smartphone dengan kondisi baterai yang kurang fit atau bila terjebak kemacetan dan berbagai masalah lainnya . Dari sinilah maka fungsi penyimpan daya portabel atau yang sering disebut dengan powerbank sangat vital untuk mensuplly kebutuhan informasi selama perjalanan. Walaupun di kabin tersedia usb power untuk charging, untuk menjaga keamanan dalam perjalanan sebaiknya dimanfaatkan untuk keadaan darurat saja.

Tips Menggunakan Powerbank selama perjalanan Mudik

1. Pilih jenis powerbank dengan cermat


Pada beberapa waktu lalu mejapraktek.com juga telah share artikel tentang cara memilih atau membeli jenis powerbank dengan benar. cara ini bisa mengurangi kesalahan kita saat membeli jenis powerbank yang kurang cocok bahkan powerbank palsu yang bisa sangat merugikan.


2. Sesuaikan kapasitas daya dengan lama perjalanan


Kamu tak akan mungkin membeli powerbank dengan kapasitas 1000 mAh jika perjalanan mudik kamu dari Sumatera ke Jawa Timur misalnya dengan waktu tempuh lebih dari 3 hari dengan kebutuhan full navigasi. Jika semua fungsi perangkat smartphone aktif seperti sinyal ponsel maupun internet, GPS berbagai fitur yang membutuhkan daya ekstra lainnya, kamu harus melakukan analisa kebutuhan konsumsi dayanya untuk smartphone kamu perhari jika smartphone terus hidup. Hitung berapa lama perjalanan sehingga kebutuhan daya diperjalanan tidak terkuras habis..

3. Bahaya, jangan merangkap driver sekaligus navigator


Gunakan anggota keluarga yang lain sebagai navigator selama perjalanan, jika rute perjalanan belum pernah kamu lalui. Google maps akan membantu perjalanan kamu dan navigator akan mengkomunikasikan ke supir apa yang seharusnya dilakukan. Sesekali cek konsumsi daya disaat posisi rute seperti ini.

3. Istirahatkan perangkat saat istirahat di rest area.


Sama seperti keadaan badan, manfaatkan istirahat di rest area untuk menginstirahatkan smartphone kamu. Jika dilengkapi dengan fast charging kamu bisa menambah daya di rest area. Namun jika tidak, cukup gunakan sisa daya di powerbank untuk kebutuhan perjalanan sesuai dengan analisa kebutuhan daya sebelumnya.

Demikian tips penggunaan powerbank diperjalanan mudik, semoga bermanfaat dalam management daya di perjalanan.

Baca juga:

Advertisement
June 16, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments