9 Cara Menghemat Paket Data Internet

9 Cara Menghemat Paket Data Internet

Ads
Mejapraktek.com - Menghemat paket internet sudah menjadi keharusan bagi siapapun saat ini. Kebutuhan akan data internet menjadi keharusan untuk mengakses informasi yang saat ini sudah menjadi tren di jaman now. Seperti pemenuhan kebutuhan kebutuhan hidup lainnya, kebutuhan paket data internet juga perlu penghematan. Ada 2 hal pokok yang harus diperhatikan dalam menghemat kuota internet , selain aspek teknis yang harus diterapkan seperti penggunaan aplikasi penghemat data internet dan setting menu pengaturan juga faktor yang tak kalah pentingnya adalah perilaku kita sendiri dalam menggunakan paket data internet yang kurang bijak sehingga tanpa kita sadari pinginnya kita menghemat malah boros. Saya ambil contoh sederhana, aktifitas yang paling menyedot kuota internet dan paling boros adalah menonton video youtube, selain mensetting dengan menurunkan kualitas gambar video atau memutar video secara offline, untuk menghemat data seharusnya kita sendiri harus memilah mana kebutuhan penting menonton dan tidak. Saya sering melihat orang tua yang membiarkan anaknya menonton youtube Upin dan Ipin di smartphone, padahal di televisi juga ada tayangannya setiap hari. Ada juga kita yang tidak tahu memilah aplikasi games yang diam diam menyedot kuota dan tidak, pengalaman  saya bermain games strategi Hayday juga memboroskan paket data. Seharusnya kita bisa memilah mana games android yang boros kuota dan irit kuota bahkan kalau bisa pilih games yang bisa dimainkan tanpa menyedot kuota internet sama sekali. 
9 Cara Terbaik Menghemat Paket Data Internet

Dari kedua hal diatas, Mejapraktek.com akan berbagi pengalaman bagaimana seharusnya menghemat paket data internet khususnya dismartphone. Seperti yang kita ketahui bahwa harga paket data internet di Indonesia walaupun sudah turun harga dibanding 2 -3 tahun lalu tetap tergolong mahal karena kualitas kecepatnnya juga masih kalah dengan Singapura maupun Malaysia. Kualitas jaringan yang buruk ditambah keadaan geografis Indonesia juga bisa menjadi penyebabnya.

Apa yang seharusnya kita lakukan dalam mensiasati penghematan kuota internet ?

  1.  Pastikan tidak ada browser atau aplikasi yang aktif saat selesai menggunakan smartphone. Sama dengan menghemat pemakaian listrik, motto matikan listrik saat tidak digunakan sangat cocok untuk menghemat data. Setiap selesai pemakaian aplikasi atau browser pastikan semuanya sudah tertutup atau keluar.
  2. Lockscreen aktif. Hal ini untuk menghindari mengakses internet tanpa disadari. Banyak kasus smartphone tetap aktif internet saat kita masukkan ke kantong saku karena tergesek oleh badan. Bisa juga untuk menghindari smartphone dimainkan oleh anak anak anak. 
  3. Pasang aplikasi seperlunya.. Selain bermanfaat untuk menghemat memory penyimpanan, dengan tidak memasang banyak aplikasi juga akan menghemat pemakaian darta Internet. Aplikasi aplikasi wajib instal di Smartphone cukup hanya Facebook, Instagram dan WhatsApp. Selebihnya pasang sesuai passion kamu. Jika kamu tidak penyuka games seperti saya jangan dipasang aplikasi games.
  4. Manfaatkan aplikasi bawaan seperlunya. Ada banyak aplikasi bawaan yang bisa dimanfaatkan seperti Email, Gmail, Google Drive, Google Maps, gunakan seperlunya sesuai kebutuhan. 
  5. Sedapat mungkin kurangi nonton video streaming di Youtube, Facebook , Atau Instagram. Sebagai alternafifnya  bisa menggunakn facebook Lite, Tweetcaster, Youtube Go yang lebih ramah data dan penyimpanan. 
  6. Bijak memilih paket. Hunting paket internet murah sudah menjadi kebiasaan siapapun yang selalu menggunakan smartphone. Setiap provider menawarkan berbagai paket internet murah.  Pertimbangan utama memilih paket adalah harga dan kecepatan. Saat ini saya menggunakan paket isi ulang termurah Tri 6 GB dengan harga 33 ribu sudah cukup untuk ngeblog dan aktifitas di smartphone selama 1 bulan. Alhamdulillah di tempat saya sudah terjangkau jaringan 4G.
  7.  Cek pemakaian kuota setiap hari. Untuk cek pemakaian kuota Tri bisa tekan tombol *123*2*3#, Untuk Indosat Ooreedo *363*2*8*1# , Simpati *888*3*3*2# XL *123*7*1# Axis *123*7*4# atau bisa langsung dari aplikasi masing masing.

Nah, jika sudah bisa berperilaku hemat menggunakan paket data internet, saatnya sekarang untuk melakukan berbagai pengaturan penghematan data di smartphone kamu diantaranya :

1. Aktifkan data saat diperlukan


9 Cara Terbaik Menghemat Paket Data Internet

Cara ini sangat ampuh untuk menjaga aplikasi yang berjalan dilatar belakang diam diam menyedot kuota. Dengan menonaktifkan data saat tidak digunakan selain bisa menghemat data juga tidak mengganggu aktifitas kerja.

2. Kurangi aplikasi yang berpotensi berjalan di latar belakang. 


9 Cara Terbaik Menghemat Paket Data Internet

Beberapa versi Android punya cara berbeda, jika kamu pengguna Oreo, cukup buka pengaturan/Setting > App& Notification> app Info > Pilih salah satu aplikasi yang ingin dihentikan > backgroun Activity > Nonaktifkan

3. Aktifkan data saver di Google Chrome


9 Cara Terbaik Menghemat Paket Data Internet

Caranya pilih browser Chrome di Android > setting> data Saver > On ubah menjadi Off. Selain mengaktifkan data saver di Android kamu juga bisa menghemat data kuota dengan menambahkan extension data saver di Chrome versi web.

4. Nonaktifkan update aplikasi, atau aktifkan update hanya dari WiFi


9 Cara Terbaik Menghemat Paket Data Internet

Caranya tap Playstore > Setting > Update Aplikasi secara Otomatis >Pilih yang Update aplikasi secara otomatis hanya melalui WiFi.

5. Manfaatkan cache Google maps untuk akses offline.


9 Cara Terbaik Menghemat Paket Data Internet

Menyimpan Google Maps untuk penggunaan offline dapat menghemat data . Setelah peta diunduh, bahkan dapat menavigasi ketika ponsel sedang offline hanya dengan menggunakan GPS. Ini terbukti ampuh untuk perjalanan sehari-hari dan saat bepergian. Yang penting peta yang kamu unduh tidak diluar jangkauan GPS. caranya buka Google Maps >Menu >Peta Offline.". Di sana Anda dapat menekan "Pilih peta Anda sendiri" dan memperbesar atau memperkecil untuk memilih area yang kamu  inginkan tersedia secara offline.

6. Pasang Aplikasi Datally


9 Cara Terbaik Menghemat Paket Data Internet

Datally adalah aplikasi penghemat kuota milik google. Aplikasinya sangat ringan. Datally banyak digunakan selain untuk menghemat juga mengontrol penggunaan kuota dan fitur temukan WiFi secara otomatis akan membantu kamu yang hunting wifi diarea sekitar kamu.

7. Nonaktifkan fitur auto sync


9 Cara Terbaik Menghemat Paket Data Internet

Fitur auto-sync pada gadgetmu berfungsi untuk meng-update email terbaru secara otomatis. Sebenarnya fitur ini sangat memudahkan kamu, karena kamu bisa dengan segera mendapatkan notifikasi ketika ada email yang datang, namun fitur ini membuat pemakaian kuota internet jadi boros. Gadget akan selalu melakukan update setiap beberapa saat dan itu memakan kuota internetmu. Untuk menghemat pulsa, kamu bisa mematikan fitur auto-sync ini dan meng-update email baru secara manual. Caranya  Setting>Account And Sync > Pilih email  yang dinonaktifkan sinkronnya >  warna hijau aktif, abu abu nonaktif . Versi lebih lama dengan menghikangkan centang.

8. Bila perlu batasi pemakaian


9 Cara Terbaik Menghemat Paket Data Internet

Jika kamu terlalu khawatir dengan penggunaan data yang berlebih bisa dengan membatasi pemakaiannya bisa perhari perminggu perbulan atau sesuai dengan keinginan, berapa MB yang akan dibatasi penggunaannya juga bisa di setting sesuai dengan kemauan. Namun ada beberapa yang kurang nyaman dengan pembatasan ini karena beberapa kasus saat nonton, atau akses situs tiba tiba putus data. Jika ingin membatasinya cukup pilih Setting > Penggunaan data > Centang Atur batas penggunaan data > pilih sesuai keinginan. beberapa Versi Android lainnya hampir sama.

9. Setting youtube dengan gambar kualitas rendah


Berikut ini cara mengubah resolusi video YouTube di Android:

1. Buka video yang ingin kamu lihat.
2. Pada option menu di bagian kanan atas layar (bentuknya adalah titik tiga yang berjajar secara vertikal) pilih tombol Quality (ikon roda bergerigi).
3. Setelah itu akan tampil pilihan resolusi yang bisa Anda pilih. Mulai dari auto (opsi pilihan YouTube), 144p, 240p, hingga maksimal 1440p tergantung resolusi video yang diunduh dan juga tergantung pada perangkat yang digunakan.

Jika hal hal diatas masih juga smartphone kamu boros kuota dan panas, mungkin banyak aplikasi atau malware yang berjalan dilatar belakang. Jika demikian kamu bersihkan malwarenya atau jika tidak memungkinkan bisa reset pabrik dengan resiko semua data dan kontak bisa hilang. Agar tidak hilang data dan kontak bisa dengan mencentang backup My Data di menu Cadangkan dan reset.

Baca juga:

loading...
July 11, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments