Cara Agar Gmail Tidak di Akses Pihak Ketiga Atau Oleh Orang Lain

Cara Agar Gmail Tidak di Akses Pihak Ketiga Atau Oleh Orang Lain

Advertisement
MejaPraktek.com | Menjaga keamanan gmail dari akses pihak ketiga atau orang lain tanpa seijin kamu merupakan cara paling mendasar agar data dalam email tidak dibobol para penjahat dunia maya. Mungkin kamu masih ingat beberapa bulan lalu mejapraktek.com juga pernah menulis sebuah artikel menjaga keamanan akun gmail dan melindunginya dari para hacker, namun 17 cara tersebut masih perlu ditambah agar keamanan akun gmail kamu lebih terjamin.

Selain fitur keamanan diatas, Gmail juga saat ini paling banyak mengumbar fitur keamanan lainnya seperti pemilik akun bisa memasang waktu "kadaluarsa" di akun gmailnya sehingga saat email sudah melewati batas yang ditentukan akan otomatis menghilang dari kotak masuk penerima. 

Ada juga fitur mengirimkan email dalam "Mode Rahasia" yang akan mencegah penerima untuk mengirimkan email itu pada orang lain, menyalin email, mengunduh atau mencetaknya, seperti yang disebutkan oleh Mashable pada beberapa bulan lalu. 

Cara Agar Gmail Tidak di Akses Pihak Ketiga Atau Oleh Orang

Bahkan tidak hanya itu saja, kamu bisa menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk email yang sangat sensitif. Kamu juga bisa meminta penerima untuk mengonfirmasi identititas mereka menggunakan kode yang dikirimkan ke email penerima atau melakukan login sebelum melihat isi email tersebut. 

Dari berbagai fitur keamanan diatas, salah satu celah kerentanan yang harus diwaspadai adalah justru berasal dari aktifitas dan perilaku pemilik akun sendiri. Salah satunya adalah masalah yang tidak disadari oleh pengguna saat mendaftar sebuah situs web atau aplikasi yang bukan dari playstore untuk menikmati layanan tersebut dengan menggunakan akun gmail dan meminta hak akses ke dalam email kamu. Saat kamu klik Yes, berarti mereka bisa saja memantau isi email walaupun sangat sulit untuk mengambil alih akun.

Seperti yang saat ini tetap di gaungkan pihak Google akan jaminan keamanan gmail dengan menyebut bahwa dengan menginstal aplikasi atau mengakses dengan mendaftar di sebuah situs, aplikasi pihak ketiga tidak akan bisa membaca email.  Namun dalam beberapa kasus yang sangat spesifik, bisa juga orang lain mengakses email target saat pemilik akun memberi izin dengan dalih untuk tujuan keamanan, seperti menyelidiki bug atau penyalahgunaan lainnya. 

Saat ini google telah menyediakan fitur untuk membuang atau remove hak akses sebuah situs atau aplikasi yang berpotensi memantau isi gmail. Caranya sangat simpel dan gampang

1. Masuk ke MYACCOUNT di Google.
2. Jika belum login masukkan email dan password, namun jika sudah login Klik Sign And Security
3. Klik Security Checkup.
4. Jika ada situs atau aplikasi yang menggunakan hak akses akan muncul informasi seperti contoh dibawah ini :


Cara Agar Gmail Tidak di Akses Pihak Ketiga Atau Oleh Orang

5. Klik Remove Access aplikasi atau situs tersebut.

Nah, begitu saja informasinya. Ada beberapa fitur keamanan lainnya di Sign And Security ini diantaranya kamu bisa mengganti password gmail, mengganti nomor HP akses gmail,verifikasi 2 langkah dan berbaga fitur keamanan lainnya. 

Baca juga:

Advertisement
July 09, 2018
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments