Cara Mengecek Ekstension Chrome Aman Sebelum Di Instal

Ekstension atau Add On di Google Chrome merupakan fasilitas yang diberikan untuk menambah fitur fitur lebih di google chrome. Karena fitur ini tidak semuanya dikembangkan oleh google, ada kemungkinan penyusupan malware yang berbahaya untuk akses internet di browser. Oleh karena itu kita harus berhati hati meng instal ekstension.

Sebenarnya fitur fitur yang disediakan dalam Google Chrome juga sangat beragam dan bermanfaat untuk membantu tugas tugas kita sehari hari. Salah satu contoh aplikasi dengan tajuk All In One Messenger, All In One SEO, All In One Health dan lain lain. Namun untuk mendapatkannya kita juga harus jeli dan hati hati. Beberapa langkah dibawah ini bisa membantu dalam mendeteksi apakah sebiah ekstension aman atau tidak saat terinstal di Google Chrome.


1. Unduh Dari Chrome Webstore

Sebelum memasang ekstensi apa pun, pastikan untuk memeriksa sumber unduhan. Jika Anda mengunduh ekstensi dari toko web resmi, maka Anda dapat melanjutkan dengan tip di bawah ini. Jika Anda pernah menjumpai ekstensi yang dihapus dari Toko Web Chrome, maka ada yang tidak beres dengan ekstensi tersebut. Chrome Webstore adalah toko aplikasi terbesar dari mana Anda bisa mendapatkan aplikasi dan ekstensi web. Jadi, pastikan untuk memeriksa sumber unduhan sebelum menginstal ekstensi di browser.

2. Siapa Pengembangnya

Ada banyak pengembang ekstension chrome yang di kick karena melakukan pelanggaran. Oleh karena itu langkah pertama adalah cek kredibilitas pengembang. letaknya pas dibawah judul ekstension ada tulisan offered by ...... , lalu perhatikan linknya. Biasanya mengarah ke situsnya. Cek di situs asal asalan ataukah memang punya value atau manfaat informasinya dalam mendukung ekstension dalam chrome. 

3. Baca diskripsi ekstension

Baca seluruh deskripsi agar lebih jelas tentang hal-hal yang mungkin anda tidak tahu dan ingin dipertanyakan, seperti melacak informasi atau berbagi data. Walaupun tidak semua ekstensi menyertakan detail ini, tetapi setidaknya dengan deskripsi akan membantu menambah tingkat kepercayaan kita.

4. Hati hati dengan  Tombol Permission

Jika kamu menambahkan sebuah ekstension ke dalam browser muncul tombol add to chrome. Jika tombol ini kamu klik maka akan diminta persetujuan untuk memperingatkan kamu bahwa memang ingin menginstal ekstension ini. Hati hati dengan permission. Jika hanya ekstensi pengeditan foto memerlukan akses ke semua yang kamu lakukan secara online, kamu harus mempertanyakan. Ada sesuatu hal yang kurang beres dan jangan menginstalnya 

5. Cek review Aplikasi

Sama halnya dengan aplikasi Android di Playstore, perhatikan user review, komentar dan bintang. Komnetar yang positif dan jumlah bintang yang lebih banyak akan menambah kepercayaan kita dalam meng instal ekstension di Google crome.

Comments