Cara Menghapus Aplikasi, File atau Folder Yang Tidak Bisa Di Hapus Di Laptop/PC

Cara Menghapus Aplikasi, File atau Folder Yang Tidak Bisa Di Hapus Di Laptop/PC

Ads
Menghapus file/ folder biasanya mudah untuk dilakukan, namun ada pula file atau folder yang sulit sekali untuk dihapus akibat adanya beberapa penyebab hingga file/folder tersebut sulit untuk dihapus. Beberapa hal bisa menyebabkan hal ini terjadi seperti cara menguninstal aplikasi yang salah, aplikasi yang tidak kompatibel dengan OS yang digunakan, Virus, malware dan berbagai penyebab lainnya sepertifile atau Folder sedang digunakan., file atau Folder terkait masih aktif digunakan oleh program lain yang tidak kita ketahui. file atau folder memiliki permissions yang kuat.

Pada artikel kali ini akan berbagi cara menghapus file atau aplikasi yang membandel dan tidak bisa dihapus

Cara Menghapus Aplikasi, File atau Folder Yang Tidak Bisa Di Hapus Di Laptop/PC

Ada 2 cara yang bisa dilakukan yang pertama tanpa menggunakan aplikasi dan yang ke dua menggunakan aplikasi :

Menghapus file membandel tanpa aplikasi :


1. Cara pertama :Jika ingin menghapus file atau folder membandel , cukup tekan CTRL+ALT+DEL dan plih START TASK Manager. Pada  Tab Application, Process dan service Anda bisa mencari nama file aktif yang tidak bisa dihapus. Jangan sampai salah pilih file yang di end process ya. Jika kurang ahli dengan menggunakan metode ini bisa pilih dengan cara kedua.


2. Cara kedua untuk yang lebih bandel

Mengganti User Account Komputer/Laptop

Ubah status akun komputer kamu menjadi Administrator agar bisa menghapus file atau folder yang tersimpan didalam komputer. Menghapus file atau folder hanya dapat dilakukan oleh pengguna pada posisi User Account Administrator. Untuk itu coba cek dan ubah switch user akun komputer atau laptop. Namun jika kamu sudah mengbahnya menjadi Administrator, maka penyebabnya bukan ini.


Menonaktifkan program aktif

Dikarenakan kemungkinan program aktif sebagai penyebabnya , non-aktifkan terlebih dahulu setiap program yang terkait. Pesan File In Use pada kotak dialog penghapusan file/folder biasanya muncul. Selain itu bisa juga dihentikan dengan cara menekan Ctrl+Shift+Esc menghentikan program dari Task Manager. Pilih aplikasi yang dimaksud dan klik End Task. Jika msaih gagal lakukan dengan cara ini :

Restart 

Cara ini akan menormalkan semua program dan aplikasi yang sedang aktif dan mengembalikan fungsi awal semua aplikasi stand by. Namun jika masih gagal juga lakukan tahapan berikutnya


Masuk Ke Safe Mode

Untuk masuk ke mode aman atau Safe Mode adalah adalah dengan cara restart komputer dan tekan tombol F8 pada keyboard terus menerus ketika komputer atau laptop nyala beberapa merk komputer kadang F2, F11. Langkah ini seperti kita akan masuk ke BIOS komputer. Kemudian jika komputer sudah nyala atau dalam keadaan tampilan Safe Mode silakan Anda coba hapus file atau folder yang bandel tersebut. Ketika komputer atau laptop dalam posisi Safe Mode maka Windows akan menghemat penggunaan RAM, Service, Intrernet, Software, dan perangkat-perangkat lainnya. Maka daripada itu tampilan komputer sedang Safe Mode maka terlihat sangat sederhana sekali. Dengan cara ini biasanya juga kita akan berhasil menghapus file atau folder yang awalnya sulit untuk dihapus.

Gunakan Software Pihak Ketiga

Langkah kelima ini adalah langkah terakhir jika memang ternyata semua langkah empat diatas tidak berhasil. Anda mau tidak mau harus menginstall software pihak ketiga yang khusus bisa kita andalkan untuk menghapus file atau folder yang bandel. Tenang saja software ini sangat ringan dan sangat mudah juga mengoperasikannya. Saya merekomendasikan dua software yang bisa Anda pilih, yaitu Software Unlocker dan Software Iobit Unlocker. Umumnya kasus penghapusan file atau folder yang tidak bisa dihapus dengan software ini akan sukses.

Menghapus file membandel tanpa aplikasi :

1. Baidu Antivirus


 Untuk menghapus file atau folder yang dihapus yang hanya dengan menekan CTRL+D atau delete tapi tetap tak bisa dihapus Maka anda bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menggunakan software Baidu anti virus. Software ini dapat menghapus folder atau file yang Tak bisa dihapus, caranya:
  • Download dan Install software Baidu Anti virus 
  • Kemudian jalankan software tersebut hingga muncul seperti gambar berikut.

  • Lalu pilih “aplikasi” dilanjutkan dengan “Penghancur File” seperti yang sudah saya lingkari tersebut.


Jika sudah muncul seperti gambar ini. Maka anda hanya perlu menambahkan file atau folder yang akan dihapus. Setelah itu, Centang pada folder atau file yang akan dihapus.

Setelah ditambahkan file/foldernya, maka yang anda lakukan selanjutnya adalah menekan “Hapus Sekarang” kemudian file/folder yang sulit untuk dihapus tersebut langsung terhapus dengan mudah secara paksa.

Selain untuk penghancuran file, baidu anti virus ini juga memiliki fitur-fitur lainnya yang bermanfaat untuk perlindungan Laptop atau PC anda seperti pemblokiran iklan, perbaikan sistem, perbaikan jaringan, perlindungan browser dan masih ada beberapa fitur-fitur lainnnya.

2. Iobit Unlocker

Silakan Anda download terlebih dahulu Software Unlocker pada halaman web resminya www.emptyloop.com/unlocker.  Atau bisa juga dengan menggunakan Software Iobit Unlocker, downloadnya di www.iobit.com/en/iobit-unlocker.php.

Baca juga:

January 12, 2019
This Is The Newest Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar